Nasional

Asintel Kejati Papua Barat Dampingi Tim Tabur Amankan DPO

William Wamaty, DPO Kejari Manokwari Diamankan

ADHYAKSAdigital.com –Gerak cepat tim tangkap buron (Tabur) Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua Barat patut diberi apresiasi. Apa gerangan?

Asisten Intelijen Kejati Papua Barat, Muhammad Bardan mampu mengkonsolidiasi dan bersinergi dengan stake holder atas keberhasilan tim Tabur Kejati Papua Barat mengamankan 1 (satu) orang buruannya.

Perburuan keberadaan William Wamaty (57), buronan Kejaksaan Negeri Manokwari yang selama ini gencar dilakukan bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua Barat membuahkan hasil.

“Jumat 5 Juli 2024 kemarin, tim Tabur Intelijen Kejati Papua Barat mengamankan Willian kala berada di Bandara Udara Rendani Manokwari,” ujar Asintel Kejati Papua Barat, Muhammad Bardan, SH. MH kepada ADHYAKSAdigital, Sabtu 6 Juli 2024.

Asintel Kejati Papua Barat Muhammad Bardan menuturkan, pengamanan terhadap DPO ini bersamaan dengan kedatangan Kajati Papua Barat yang baru, Muhammad Syairifuddin di Bandara Manokwari .

“Pak Kajati Papua Barat apresiasi gerak cepat Tim Tabur kita. Ini prestasi langkah awal beliau sebagai Kajati Papua Barat” kata Asintel M. Bardan.


Adapun terpidana selaku Kasubid Pendidikan dan Budaya Politik pada Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat berdasarkan SK Gubernur Papua Barat Nomor: SK.821.2-06 tanggal 11 Februari 2016.

sekaligus sebagai Sekretaris Panitia Pelaksana dalam kegiatan Sosialisasi Perdasus dan Perdasi tentang Rekrutmen Keanggotaan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dan pembentukan panitia calon anggota MRPB periode tahun 2016 – 2021 pada Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat tahun 2016 berdasarkan SK Gubernur Papua Barat Nomor :188.34/248/11/2016 Tanggal 8 November 2016.

Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 2119K/Pid.Sus/2019 tanggal 15 Juli 2019 menjatuhkan pidana kepada Terdakwa dengan Pidana Penjara selama 4 (empat) tahun dan pidana denda sebesar Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan jika pidana denda tidak dibayar maka kepada Terdakwa dikenakan pidana pengganti pidana denda berupa pidana kurungan selama 6 (enam) bulan.

Dan menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 829.637.487,00 (delapan ratus dua puluh sembilan
juta enam ratus tiga puluh tujuh rupiah) dikompensasikan dengan uang yang telah disetorkan Terdakwa ke Rekening Kas Umum Daerah sebesar Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) dan uang yang dititipkan Terdakwa di Rekening BRI Cabang Manokwari sebesar Rp. 529.637.487,00
(lima ratus dua puluh sembilan juta enam ratus tiga puluh tujuh ribu empat ratus delapan puluh tujuh rupiah).

Sesuai putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewisjde) maka oleh Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Manokwari telah melakukan panggilan kepada terdakwa secara patut untuk di eksekusi namun terdakwa tidak pernah mengindahkannya.

“Sehingga Kejari Manokwari memasukkan terdakwa dalam DPO dan akhirnya berhasil diamankan ketika pencarian diintensifkan. Saat diamankan Terpidana bertindak kooperatif untuk selanjutnya menjalani masa penahanan di Rutan Lapas Klas IIb Manokwari,” tutur mantan Kajari Kabupaten Banjar ini.

Asintel Kejati Papua Barat Muhammad Bardan menegaskan, penangkapan buronan ini merupakan bukti komitmen Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam menegakkan hukum dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.
“Wiliaam ini DPO ke- 16 dalam 4 bulan terakhir yg telah diamankan oleh Tim Tabur/ DPO Kejati Papua Barat dibantu Tim Intelijen Kejari Manokwari dan dukungam dari Tim AMC (Adhyaksa Monitoring Center) pada Jamintel Kejagung,” ungkapnya.

Melalui program Tangkap Buronan Kejaksaan, Jaksa Agung meminta jajarannya untuk memonitor dan segera menangkap buronan yang masih berkeliaran, guna dilakukan eksekusi demi kepastian hukum.

Jaksa Agung mengimbau kepada seluruh buronan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan RI, untuk segera menyerahkan diri dan mempertanggung-jawabkan perbuatannya karena tidak ada tempat bersembunyi yang aman. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button