Politik

KPU Karo Apresiasi Sinergitas Dengan Kejari Karo

ADHYAKSAdigital.com — Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara menyampaikan apresiasi atas terbangunnya sinergitas dan koordinasi yang baik antara pihaknya dengan Kejaksaan Negeri Karo.

“Di era kepemimpinan Tri Sutrisno, Kepala Kejaksaan Negeri Karo, kerjasama dan sinergitas terjalin dengan baik. Kami menyampaikan terimakasih atas dukungan dan dedikasinya dalam mendukung program kerja KPUD Karo selama ini,” ujar Ketua KPUD Karo, Rendra Gaulle Ginting kepada ADHYAKSAdigital, Rabu 5 Juni 2024.

Rendra Ginting menyampaikan bahwa Tri Sutrisno selama ini mampu menjalin koordinasi dan kerjasama dengan pihaknya, khususnya dalam dukungan kerja-kerja Kepemiluan yang dikerjakan pihaknya selama ini.

Ketua KPUD Karo, Rendra Gaulle Ginting menerangkan bahwa Tri Sutrisno telah berpindah tugas dari Kajari Karo. Posisinya diganti oleh Darwis Burhansyah, sebagai Kajari Karo yang baru.

“Kepada Kajari Karo yang baru, Darwis Burhansyah, kami sampaikan selamat datang di Tanah Karo, selamat menjadi warga baru masyarakat Tanah Karo. Kami berharap sinergitas antar kelembagaan, KPU dengan Kejari tetap berjalan dengan baik ke depannya,” ujar Ginting.

Kejaksaan memiliki tugas, fungsi dan kewenangan di bidang politik, Pemilu dan Pilkada. Hal itu sesuai dengan amanat Pasal 486 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Sebagaimana telah diubah melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 3 Tahun 2023 tentang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Pemilihan Umum, yang menjelaskan bahwa Kejaksaan tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

Jaksa Agung menerbitkan Instruksi Jaksa Agung (INSJA) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan RI dalam Mendukung dan Menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024, dan melakukan pemetaan (deteksi dini dan cegah dini) potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) Pemilu 2024 serta melakukan penundaan proses penegakan hukum.

Selasa, 4 Juni 2024, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Idianto melakukan serah terima jabatan terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumut.

Hari itu, Kajati Sumut Idianto juga melakukan sertijab Kepala Kejaksaan Negeri Karo, dari Tri Sutrisno kepada Darwis Burhansyah, di Gedung Kejati Sumut di Medan. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button