Nasional

Sejumlah Pemda di Jatim Minta Kanwil Kemenkum HAM Rancang Sejumlah Perda

ADHYAKSAdigital.com — Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi, Prof. Dr. Asep Nana Mulyana mengaku bangga atas kinerja dan sinergitas serta peran strategis Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Timur untuk masyarakat dan pemerintah setempat.

“Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur banyak menerima permohonan fasilitasi perancangan dan penyusunan Peraturan Daerah dari sejumlah Pemerintah Daerah, baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ujar Dirjen PP Asep Nana Mulyana dalam kunjungan kerjanya di Kanwil Kemenkum HAM Jatim, Surabaya, Kamis 2 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Asep didampingi Direktur Fasilitasi Perancangan Perda dan Pembinaan Perancang Peraturan Perundang-Undangan, Nuryanti Widyastuti dan Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono beserta para pimti pratama.

Dirjen PP Asep Nana Mulyana meminta agar para pejabat fungsional perancang peraturan perundang-undangan (JF Perancang) di Kanwil Kemenkumham Jatim dapat berperan aktif dalam proses pembuatan peraturan daerah (perda). Salah satunya dengan memastikan perda yang dihasilkan berkualitas.

“Jawa Timur jadi salah satu wilayah dengan jumlah permohonan fasilitasi perda terbanyak di level nasional,” ucap Asep memberikan apresiasi.

Sejumlah Pemda di Jatim  Minta Kanwil Kemenkum HAM Rancang Sejumlah Perda-

Untuk itu, Asep berharap para JF Perancang yang ada di Kanwil Kemenkumham Jawa Timur bekerja lebih optimal. Terutama untuk memastikan agar pelayanan harmonisasi perda berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pak Kakanwil dan Kadiv Yankumham harus memastikan kinerja dan pembinaan kepada JF Perancang berjalan dengan baik,” harap Asep.

Sementara itu, Heni melaporkan bahwa selama 2023 lalu, pihaknya telah menerima total 1.701 permohonan fasilitasi perda. Hal ini tentu menjadi tantangan pihaknya pada tahun ini.

“Hingga April 2024 ini, kami sudah menerima 371 pemohonan, hal ini tentunya merupakan salah satu tantangan kami dan tim perancang,” tutur Heni.

Sejumlah Pemda di Jatim  Minta Kanwil Kemenkum HAM Rancang Sejumlah Perda-1

Saat ini, pihaknya memiliki 25 JF Perancang. Mayoritas merupakan jenjang muda dengan 18 orang. Sedangkan untuk madya ada 4 orang dan 3 orang di jenjang pertama.

“Sesuai pesan pak Dirjen PP, kami akan perkuat lagi peran JF Perancang, sehingga pelayanan fasilitasi perda bisa lebih optimal,” tutupnya. (Felix Sidabutar/Kanwil Kemenkum HAM Jatim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button