Nasional

Hayati Gani Puluhan Tahun Buron, DPO Kejari Pekanbaru Diamankan

ADHYAKSAdigital.com –Perburuan terhadap Hayati Gani, terpidana perkara pidana korupsi belanja Hibah kepada Kelompok Masyarakat/Perorangan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru membuahkan hasil.

Atas kerjasama dan koordinasi yang intens antara Tim tangkap buron Kejaksaan Agung, Kejati Riau dan Kejari Pekanbaru, terpidana Hayati Gani, yang telah masuk di dalam daftar pencarian orang ini akhirnya berhasil ditangkap dan diamankan dari persembunyiannya.

“Kamis 2 Mei 2024, gabungan tim Satgas SIRI Jamintel Kejagung, Kejati Riau dan Kejari Pekanbaru menangkap Hayati Gani kala berada di kediamannya di Jalan Adi Sucipto, Gang Amal Nomor 78 Pekanbaru,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Asep Sontani Sunarya didampingi Kasi Intel, Lasargi Marel, kepada ADHYAKSAdigital, Kamis 2 Mei 2024.

Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor : 500 K/Pid.Sus /2013 tanggal 26 Juni 2013. Dimana yang bersangkutan dinyatakan bersalah melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 ayat (1b) Undang-undang (UU) RI Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Dalam putusan itu, dia dihukum 4 tahun penjara, dan denda sebesar Rp200 juta subsidair 4 bulan kurungan,” ungkap Kajari Pekanbaru Asep Sontani Sunarya.

“Setelah ditangkap, terpidana diamankan di sel atau ruang tahanan Kantor Kejari Pekanbaru,” kata Kasi Intel Marel menambahkan.

Hayati Gani pada tahun 2008 pernah menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Teknologi Tepat Guna Usaha Ekonomi Masyarakat serta Pemanfaatan Sumber Daya Alami pada adan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru.

Dalam jabatan itu, dia telah menyalahgunakan Belanja Hibah kepada Kelompok Masyarakat/Perorangan untuk usaha Tambal Ban, Potong Rumput, Jualan Rokok dengan total anggaran sejumlah Rp500 juta. Atas hal itu lah, Hayati Gani diseret ke meja hijau. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button