Nasional

Pedoman Nomor 1 Tahun 2021 Buktikan Kejaksaan Peduli Bela Perempuan dan Anak

Oleh: Helena Octavianne SH. MH

ADHYAKSAdigital.com — Kejaksaan Republik Indonesia menerbitkan Pedoman Kejaksaan Nomor 1 Tahun 202, tentang Akses Keadilan bagi Perempuan dan Anak dalam Penanganan Perkara Pidana, yang diterbitkan tanggal 21 Januari 2021.

Pedoman Nomor 1/2021 ini sebagai acuan dan pegangan bagi apart penegak hukum Kejaksaan dalam penanganan perkara tindak pidana Kekerasan Seksual terhadap Perempuan dan Anak, kekerasan dalam rumah tangga dan pencabulan terhadap anak.

Jaksa Agung ST Burhanuddin memandang perlunya dibuatkan pedoman bagi APH Kejaksaan agar penanganan perkara tindak pidana kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga dan pencabulan terhadap anak menjadi kekhususan untuk dipahami APH Kejaksaan.

Menonjolnya kekerasan terhadap Perempuan di ranah pribadi, yakni Kekerasan Terhadap Istri, Kekerasan Dalam Pacaran, Kekerasan Terhadap Anak Perempuan, Kekerasan oleh Mantan Suami atau Mantan Pacar, serta Kekerasan Terhadap Pekerja Rumah Tangga.

Perlunya Perempuan dan Anak Diberikan Perlindungan Dalam Proses Hukum !

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyatakan bahwa terbitnya Pedoman Nomor 1 Tahun 2021 ini merupakan terobosan Kejaksaan RI untuk menjawab persoalan hukum atas teknis pelaksanaan beberapa peraturan perundang-undangan yang ada.

Pedoman Nomor 1 Tahun 2021 ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi Jaksa atau Penuntut Umum untuk meminimalisir hambatan dalam penanganan perkara pidana yang melibatkan dan menjadikan perempuan dan anak sebagai korban.

Pedoman Kejaksaan Nomor 1 Tahun 2021 bertujuan untuk optimalisasi pemenuhan akses keadilan bagi Perempuan dan Anak yang berhadapan dengan Hukum dalam penanganan perkara pidana.

Pedoman Kejaksaan Nomor 1 Tahun 2021 dimaksudkan sebagai acuan bagi Jaksa/Penuntut Umum dalam pemenuhan akses keadilan bagi Perempuan dan Anak yang berhadapan dengan Hukum dalam penanganan perkara pidana.

Memberikan arahan kepada Jaksa atau Penuntut Umum mengenai pihak-pihak yang diperlukan untuk berkoordinasi dalam upaya perlindungan Perempuan dan Anak, seperti Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Balai Pemasyarakatan, Komisi Perlindungan Anak Daerah, psikolog/psikiater, P2TP2A, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pendamping dan lembaga layanan lainnya.

Pedoman Kejaksaan Nomor 1 Tahun 2021 penting dalam mengoptimalkan peran penting Jaksa atau Penuntut Umum sebagai dominus litis dalam pemenuhan hak-hak perempuan dan anak dalam proses hukum.

Di dalam pedoman ini, menjadi prioritas jaksa dalam memperjuangkan hak mendapatkan ganti rugi, hak mendapatkan informasi yang jelas mengenai proses peradilan. Hak atas pendamping, perlindungan privasi dan perlindungan dari adanya intimidasi dan kekerasan dari pihak lain dan Hak-hak lainnya.

Hal-Hal Yang Diatur Dalam Pedoman Kejaksaan Nomor 1 Tahun 2021:
1. Proses permintaan keterangan dan pemeriksaan perempuan dan anak
2. Apa yang tidak boleh dilakukan oleh jaksa/penuntut umum
3. Penangkapan dan penahanan terhadap perempuan dan anak
4. Kelengkapan formil dan materil yang perlu dilengkapi dalam penelitian berkas perkara
5. Perlindungan saksi dan korban termasuk perlindungan atas identitas
6. Pertemuan pendahuluan
7. Pembuatan surat dakwaan;
8. Pemeriksaan di sidang pengadilan;
9. Pemeriksaaan di luar sidang pengadilan melalui perekaman elektronik dan pemeriksaan langsung jarak jauh dengan alat komunikasi audio visual

Pembuktian :
1. Penyusunan surat tuntutan;
2. Pelaksaan putusan pengadilan termasuk pelaksanaan pidana tambahan dalam tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga dan pidana tambahan bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak
3. Gugatan ganti kerugian, restitusi dan kompensasi.

Dukungan dari berbagai pihak tentunya akan menjadi dorongan tersendiri bagi kami untuk selalu berusaha menghadirkan penuntutan perkara pidana yang berkeadilan, khususnya bagi Perempuan dan Anak sebagai kelompok rentan. ***

Penulis adalah Asisten Pengawasan Kejati Jambi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button