Nasional

Kejati Kepri Luncurkan Command Center Adhyaksa Marine

Jaga Perairan Laut Kepri

ADHYAKSAdigital.com –Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau membangun komitmen dan sinergi dengan stake holder dalam pelayanan dan penegakan hukum di bidang Kemaritiman di perairan laut Provinsi Kepulauan Riau.

“Hari ini kita memfasilitasi beroperasinya “Command Center Adhyaksa Marine”. Kehadiran Command Center Adhyaksa Marine ini sebagai aksi nyata hadirnya Kejaksaan dalam menjaga Laut Kepri. Mari kita bergandengan tangan menjaga Laut Kepri dan memanfatkan potensi ekonominya untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan warga,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Dr. Rudi Margono, SH.MH saat meresmikan Command Center Adhyaksa Marine, di Kantor Kejati Kepri, Tanjungpinang, Senin 25 Maret 2024.

Kajati Rudi Margono memberikan apresiasi atas kerja keras jajarannya yang telah mewujudkan inovasi terbaik untuk dijadikan pilot project bagi Kejaksaan Tinggi lainnya yang berada khususnya diwilayah kepulauan untuk memberikan output positif dan menghasilkan suatu produk pelayanan yang menjadi pionir dalam sinergitas penegakan hukum sektor kelautan.
Kajati Kepri menuturkan, di era digital dan moderen saat ini, laut Kepulauan Riau juga kerap menjadi lalu lintas tindak pidana, antara lain illegal fishing (penangkapan ikan), penyelundupan narkoba, human trafficking atau penyelundupan manusia, boat people (manusia perahu), terorisme dan perompakan di laut.

Diperlukan koordinasi dan sinergitas semua lembaga negara, juga masyarakat agar dalam pelayanan dan penegakan hukum di bidang Kemaritiman di perairan laut Provinsi Kepri sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan.

Ditambahkan, Monitoring Center dibuat, mengingat wilayah Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah Kepulauan yang terdiri dari 2408 pulau sehingga Kajati Kepri menginisiasi agar jalannya perekonomian dibidang Kemaritiman khususnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dapat diperoleh secara maksimal oleh Pemerintah.

“Ini menindaklajuti Rapat Koordinasi Sinergitas Penegak Hukum dibidang Kemaritiman dan Pendantanganan Kesepakatan Bersama yang dilaksanakan tanggal 29 Desember 2023 lalu, “ ujar Kajati Kepri Rudi Margono.

Rudi Margono mengajak dan menghimbau kepada seluruh stakholder terkait, dan khususnya jajaran Pemerintah baik yang ada di Provinsi Kepri hingga Kabupaten/Kota, untuk menjadikan Command Center Adhyaksa Marine ini sebagai wadah yang dimanfaatkan untuk memonitor dan mengelola lalu lintas maritim, serta menyediakan data penting untuk penegakan hukum dan pengawasan kelautan.

Kajati Kepri yakin dan percaya bahwa Command Center Adhyaksa Marine yang dihadirkan Kejati Kepri dalam penyelenggaraannya sangat membantu Pemerintah Provinsi Kepri dalam hal urgensi dan isu-isu yang terkait dengan wilayah perairan mencakup berbagai peraturan terkait pelayaran, lingkungan laut, dan perdagangan internasional. Serta sangat membantu dalam hal upaya Pemerintah untuk mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor kelautan dan peningkatan layanan kepada masyarakat guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik (Good Governance).
Dalam kesempatan yang sama Kajati Kepri juga meresmikan Pendopo Yustisia Kejati Kepri, yang diharapkan dapat menjadi sarana yang berguna untuk menunjang kegiatan Pelayanan Hukum, Penyuluhan Hukum, dan Penerangan Hukum bagi masyarakat serta Pendopo Yustisia tersebut dapat digunakan sebagai sarana diskusi bagi para Pegawai dan Jaksa pada Kejati Kepri dalam hal membahas permasalahan hukum atau dinamika hukum khususnya yang ada di wilayah Provinsi Kepri.

Kegiatan ini turut dihadiri Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, SE., MM., dan seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri. Kemudian, Kadis Perhubungan Provinsi Kepri, Pj. Walikota Tanjungpinang, Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Kepala Bappeda Prov. Kepri.

Selanjutnya, Kepala KSOP Tanjungpinang dan Batam, Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Kepri, BPTD Kelas II Prov. Kepri, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, dan Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjungpinang Kemenhub Dirjen Perhubungan Laut dan Kepala KPLP Tanjung Uban. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button