Nasional

Bangganya Akmal Abbas Putra Teluk Kuantan Jabat Kajati Riau

ADHYAKSAdigital.com –Raut wajah sumringah tergambar dalam ekspresi wajah Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Akmal Abbas SH.MH kala ditemui di ruangan kerjanya di Kantor Kejaksaan Tinggi Riau, Pekanbaru, Selasa 30 Januari 2024 pada pekan lalu.

Hari itu, media ADHYAKSAdigital melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus penyerahan ADHYAKSA DIGITAL AWARD 2024 kepada Kajati Riau Akmal Abbas dan sejumlah Kepala Kejaksaan Negeri di lingkungan Kejati Riau.

Obrolan kita saat itu mengalir dengan beragam topik perbincangan, antara lain pengalaman pria asal Teluk Kuantan ini sebagai mahasiswa , sebagai jaksa, hingga pengalaman sebagai pejabat di Kejaksaan, kini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Riau.

Dengan beragam pengalaman bertugas di sejumlah daerah, sosok Akmal Abbas mampu menjalani pekerjaannya itu dengan penuh tanggung jawab dan profesional. ” Kejaksaan saat ini dan kedepannya adalah lembaga penegakan hukum yang profesional, berintegritas dan berhati nurani. Ini menjadi komitmen untuk dijalankan,” sebutnya dalam obrolan santai kami.

Akmal Abbas mengaku berprofesi sebagai Jaksa adalah cita-citanya sedari dulu, khususnya kala masih seorang mahasiswa. Dia menyadari profesi jaksa di Indonesia dituntut untuk terus belajar dengan keadaan yang terus berkembang, baik skala nasional maupun global.
Berprofesi sebagai Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan saat ini dihadapankan pada tuntutan sosok insan Adhyaksa yang profesional dan berintegritas serta berlandaskan hati nurani.

Jaksa Indonesia harus mampu mensejajarkan diri dengan jaksa-jaksa yang ada di luar negeri, khususnya negara maju, dalam peran dan tugasnya sebagai APH. Wajah penegakan hukum Kejaksaan ke depannya harus berkeadilan, berkepastian hukum dan memiliki kemanfaatan hukum bagi masyarakat dan negara.
Diberi amanah oleh Kejaksaan RI sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Riau di Pekanbaru. Dia menyadari amanah itu harus diembannya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, sehingga wajah penegakan hukum Kejati Riau yang dirinya adalah pimpinan satua kerja Kejaksaan di Provinsi Riau mampu mewujudkan Kejati Riau Hebat dan Humanis.

Pria berkaca mata ini menyadari perubahan nyata di Kejaksaan saat ini tidak terlepas atas komitmen seluruh jajaran Kejaksaan yang mampu mewujudkan Jaksa Indonesia Profesional, Berintegritas dan Berhati Nurani.

Menurutnya, Jaksa yang moderen di masa yang akan datang bukan saja sebagai Jaksa humanis dari segi penegakan hukum, tetapi dapat menjadi bagian dari jawaban atau solusi persoalan-persoalan hukum di masyarakat.
Kepemimpinannya di Kejati Riau terus bersinergi dengan banyak kalangan, baik itu media, akademisi, praktisi hukum hingga lembaga negara lainnya yang bertujuan agar Kejaksaan RI tetap dalam rel penegakan hukum yang profesional, berintegritas dan berhati nurani.

Dia mengaku dengan seluruh hati dan pikirannya dengan totalitas memberikan sumbangsih positif bagi kinerja penegakan hukum Kejati Riau dan masyarakat Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

Kejaksaan kini peroleh “Public Trust”, bagi mantan Asisten Pembinaan Kejati Sumut ini menjadi beban moral agar Public Trust itu tetap terawat. Dia mengakui besarnya peran media dalam menyiarkan kinerja positif Kejaksaan selama ini.
Mantan Wakajati Riau ini tiada hentinya mengingatkan anak buahnya untuk menghindari perilaku menyimpang, khususnya dalam menjalani profesi penegak hukum. Dituntut iman yang kuat, kesabaran dan ketekunan dalam menjalani profesi jaksa agar terhindar dari godaan, khususnya transaksional dalam penanganan perkara.

”Era keterbukaan informasi publik, Kejaksaan berupaya untuk selalu transparan, khususnya dalam pelayanan dan penegakan hukum,” ujar Akmal Abbas dalam obrolan santai kami hari itu. Silaturahmi CEO ADHYAKSAdigital dengan Kajati Riau ini pun dilanjutkan dengan berfoto bersama. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button