Nasional

Cabjari Labuhan Deli Tangkap DPO Korupsi Retribusi Sampah

ADHYAKSAdigital.com –Pelarian Syaiful Anwar, terpidana perkara korupsi retribusi sampah Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang Tahun 2015 akhirnya terhenti.

Upayanya menghindar dari menjalani hukuman penjara atas perkara korupsi yang menjeratnya tidak kesampaian. Jaksa intelijen Cabang Kejaksaan Negeri Deliserdang di Labuhan Deli berhasil menangkapnya, Kamis 18 Januari 2024 lalu.

“Kami 18 Januari 2024, tim tangkap tabur dan jaksa eksekusi berhasil menangkap Syaiful Anwar dari persembunyiannya di Perumahan Ray Pendopo 7 Nomor 29 Jalan Bunga Wijaya Kesuma Pasar IV, Padang Bulan Selayang II, Medan Selayang,” ujar Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Deliserdang di Labuhan Deli, Hamonangan Parsaulian Sidauruk SH.MH kepada ADHYAKSAdigital, Minggu 21 Januari 2023.

Hamonangan Sidauruk menerangkan, penangkapan terhadap DPO Syaiful Anwar dilakukan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 94/Pid.Sus-TPK/2022/PN-MDN. tanggal 13 Februari 2023 Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi.
Kacabjari Labuhan Deli Hamonangan Parsaulian Sidauruk, SH, MH menjelaskan terpidana telah divonis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan 4 tahun penjara dan denda sejumlah Rp. 300.000.000, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 6 bulan.

Selain itu jelas Hamonangan, terpidana juga dihukum membayar uang penganti sebesar Rp. 63.982.000,-. dan apabila dalam waktu jangka waktu 1 bulan setelah putusan terhadap perkara mempunyai kekuatan hukum tetap, terpidana tidak membayarkan uang pengganti, maka harta benda terpidana disita oleh Jaksa dan dilelang untuk uang pengganti.

Lanjut Kacabjari, terpidana mengikuti persidangan In Absentian (proses persidangan yang tidak dihadiri oleh pihak terdakwa dalam perkara acara pidana), dan untuk melaksanakan putusan nomor: 94/Pid.Sus-TPK/2022/PN-MDN tanggal 13 Februari 2023 telah dilakukan pemanggilan sebanyak 3 kali dan pencarian kepada terpidana berdasarkan alamatnya di Jalan Rawa Gang Muslimin Kelurahan Tegal Sari Mandalan III Medan Denai Kota Medan.

“Setelah kita tangkap dan amankan, terpidana langsung kita antar ke Rutan Kelas I Labuhan Deli untuk menjalani hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang akan dijalaninya,” tutupnya. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button