Nasional

Lewat Cerdas Cermat, Kejati Banten Ajak Pelajar Budayakan Anti Korupsi

ADHYAKSAdigital.com –Momen peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 9 Desember 2023, Kejaksaan Tinggi Banten mengajak penyelenggara negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah, pelaku usaha dan elemen masyarakat di Provinsi Banten membudayakan Anti Korupsi dalam pelayanan, pembangunan maupun kehidupan keseharian.

“Upaya pencegahan praktik tindak pidana korupsi gencar kita kampanyekan. Membudidayakan pelayanan tanpa pungutan liar kepada masyarakat dan penggunaan anggaran pembangunan tanpa korupsi harus menjadi komitmen seluruh penyelenggara pemerintahan di Provinsi Banten,” tegas Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Dr. Didik Farkhan SH.MH dalam pembukaan Lomba Cerdas Cermat, Pidato dan Yel-Yel Anti Korupsi Tingkat SMP se-Provinsi Banten, Serang, Rabu 20 Desember 2023.
Kajati Banten Didik Farkhan menjelaskan bahwa kegiatan Lomba Cerdas Cermat, Pidato dan Yel-Yel Anti Korupsi Tingkat pelajar SMP ini mengandung nilai yang sangat positif bagi pelajar Banten terutama dalam hal pengenalan hukum dan patuh terhadap hukum. “Salah satu yang sederhana adalah memberikan kesadaran dan kepatuhan terhadap tata tertib dan peraturan disekolah,”jelasnya.

Secara lebih luas lagi kegiatan ini diharapkan siswa bisa menjadi kepatuhan menjaga diri dari perbuatan yang melanggar hukum,menjaga diri untuk tidak terpengaruh dengan narkoba maupun kejahatan lainnya . Itu sebab nya Kajati berpesan kepada para peserta dapat memberi contoh yang baik,teladan bagi teman-teman yang lain dan juga menjdai roll model pelajar yang taat pada peraturan hukum.
Kajati Banten Didik Farkhan mengatakan kegiatan Loma Cerdas Cermat, Pidato dan Yel-Yel Anti Korupsi yang di gelar hari itu merupakan rangkaian even semarak Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember, yang menjadi kewajiban dan komitmen Kejaksaan RI untuk mengkampanye Indonesia Bebas Korupsi.

Kajati Banten Didik Farkhan menuturkan, pihaknya akan merealisasikan Program Kejati Banten, yakni Office Tour”. Diharpkan nantinya akan menjadi progam unggulan Kejaksaan RI. Progam Office Tour mempunyai tujuan agar lembaga Kejaksaan semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat serta mewujudkan Kejaksaan yang humanis.
“Awal tahun nanti, Kejati Banten juga akan mengadakan Office Tour dengan menggandeng progam Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah dan akan melihat secara langsung kegiatan didalam lapas, dan ini akan menjadi progam unggulan kejaksaan,” ujar Kajati Banten Didik Farkhan.
Dari hasil perlombaan terpilih pemenang diantaranya, dalam kategori lomba Cerdas Cermat yaitu Juara 1 Kabupaten Tangerang, Juara 2 Kota Serang, Juara 3 Kota Tangerang dan Juara Harapan 1 Pandeglang, selanjutnya dalam kategori lomba Pidato dimenangkan oleh Juara 1 SMPN 3 Pandeglang, Juara 2 SMPN 11 Tangerang Selatan, Juara 3 SMP Pahoa Kabupaten Tangerang.
Sementara untuk perlombaan dalam kategori lomba Yel-Yel Anti Korupsi tingkat SMP se Banten ini, yaitu, Juara 1 SMPN 1 Kramatwatu, Juara 2 SMPN 3 Cikupa, Juara 3 SMPN 3 Rangkasbitung Lebak. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button