Nasional

Lewat Takhasus Al-Quran, Adi Purnama Ajak Generasi Muda Pedomani Al Quran

ADHYAKSAdigital.com –Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan Dr. Adi Purnama SH.MH mengapresiasi adanya kegiataan keagamaan Islam, “Takhasus Al-Quran yang ditujukan bagi generasi muda di Kabupaten OKU Selatan.

“Semoga ilmu dan pengalaman selama mengikuti kegiatan “Takhasus Al-Quran dapat diimplementasikan dalam kehidupan keluarga, sekolah dan bergaul kesehariannya. ,” ujar Kajari OKU Selatan, Adi Purnama saat didaulat membuka dan memberikan sambutan “Takhasus Al-Quran” Ponddok Pesantren Al Furqon yang di gelar di Wisata Alam Danau Ranau, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan, Kamis 7 Desember 2023.

“Takhasus Al-Quran” ini akan diselenggaran selama 3 hari bagi pelajar yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta yang difasilitasi Pondok Pesantre Al Furqon, Kabupaten OKU Selatan. Kegiatan yang khusus mengajarkan dan membimbing anak-anak untuk fasih membaca dan mengucapkan lafal ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu mengenalkan Tahfidz Al-Quran sebagai salah satu wadah untuk menuntut ilmu agama Islam di kalangan pelajar, mengenalkan pentingnya pendidikan dan pembelajaran Al’quran di tingkat Remaja Siswi, serta membantu dalam menciptakan pembelajaran yang berbeda dengan menerapkan Qur’an dan hadist.

Selatan, Adi Purnama berharap kegiatan ini , membekali generasi muda menjadi generasi bangsa yang bertaqwa, berakhlak dan berintegitas apapun profesinya dimasa datang.” Dengan mampu mengafal tentunya mengerti pesan dari ayat yang terdapat di Al-quran. Kaum milenial tentunya juga mampu mempedomani Al-quran dalam kehidupannya sehari-hari,” pesan Kajari OKU Selatan.

Takhasus Al-Quran, kelas ini berkaitan upaya meningkatkan penghafalan Al-Qur’an. Oleh sebab itu, program ini biasanya diadakan di pondok pesantren atau sekolah yang memiliki fokus pada kegiatan menghafal Al-Qur’an. Kelas Takhasus ditujukan bagi para siswa yang memiliki minat dan komitmen tinggi untuk menghafal Al-Qur’an.

Dalam kelas ini, siswa akan diberikan pembimbingan dan pendampingan khusus untuk membantu mereka dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan lancar dan benar. Takhasus memungkinkan siswa untuk fokus secara intensif pada penghafalan Al-Qur’an.

Mereka akan diajarkan teknik-teknik memorisasi yang efektif dan diberikan waktu yang cukup untuk mengulang dan mengkaji ayat-ayat yang sudah dihafal. Selain itu, pengajar yang berpengalaman akan memberikan bimbingan dalam melafalkan ayat-ayat dengan tajwid yang benar.

Program ini bertujuan untuk menghasilkan para Huffaz (penghafal Al-Qur’an) yang mampu mempertahankan hafalan mereka sepanjang hayat. Selain itu, melalui kelas Takhasus ini, siswa juga dapat memperdalam pemahaman mereka tentang makna dan tafsir Al-Qur’an.

Kelas Takhasus memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki dedikasi yang tinggi untuk menghafal Al-Qur’an secara mendalam. Program ini menekankan pentingnya penghafalan Al-Qur’an sebagai ibadah dan kegiatan spiritual yang utama dalam kehidupan seorang Muslim. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button