Nasional

ST Burhanuddin : Jangan Nodai Institusi !

ADHYAKSAdigital.com –Jaksa Agung ST Burhanuddin mengaku bangga dan menyampaikan apresiasinya atas pelayanan dan penegakan hukum Kejaksaan Tinggi Riau. Hal ini disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin saat melakukan kunjungan kerja di Kejati Riau, Pekanbaru, Rabu 6 Desember 2023.

Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam kunjungan kerjanya juga mengunjungi sejumlah Kejaksaan Negeri, yaitu, Kejari Pekanbaru, Kejari Pelalawan, Kejari Siak dan Kejari Kampar.

Jaksa Agung menitipkan pesan kepada jajaran Kejaksaan di daerah agar menjaga marwah penegakan hukum, profesional, berintegritas dan berhati nurani. Jaksa Agung berpesan agar jajaran di daerah tidak mempermainkan perkara dan tidak bermain proyek, karena Jaksa Agung tidak segan-segan untuk melakukan penindakan.

“Jaga diri, jaga keluarga dan jaga institusi, karena apa yang sudah diberikan negara dan pemerintah kepada kalian sudah lebih dari cukup,” tegas ST Burhanuddin.
Dia mengingatkan pegawai dan jaksa di Kejaksaan untuk tidak mencederai penegakan hukum Kejaksaan, khususnya rasa keadilan kepada masyarakat. Dia mewanti-wanti jajarannya, pegawai dan jaksa, fungsional maupun struktural melakukan perbuatan tercela sebagai aparatur sipil negara Kejaksaan dalam bekerja maupun kehidupan sehari-hari.

Perbuatan tercela yang dilakukan oknum pegawai dan jaksa itu dikhawatirkan menggerus kepercayaan publik terhadap institusi Kejaksaan. Pasalnya, kepercayaan publik selama ini mampu bertengger diposisi teratas sebagai lembaga negara yang peroleh apresiasi dari masyarakat.

Dia minta agar jaksa mampu menghadapi perubahan-perubahan dalam pelayanan dan penegakan hukumnya. Burhanuddin juga meminta jajarannya mewaspadai semua ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang berpotensi akan terjadi dalam semua tahapan pada Pemilihan Umum 2024. Serta melakukan mitigasi penyelesaian sebelum permasalahan mencuat ke permukaan.

“Laksanakan dan tingkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait serta unsur anggota Sentra Penegakan Hukum Terpadu jika terdapat pelanggaran dalam tahapan pelaksanaan pemilihan yang sedang dan akan berlangsung,” pesan Burhanuddin.

“Jaga suasana tetap kondusif selama perhelatan kontestasi politik di Indonesia dan laksanakan penegakan hukum yang tidak memihak (imparsial) serta bebas dari kepentingan politik tertentu,” imbuhnya.
Adapun kunjungan kerja tersebut dalam rangka memperhatikan fasilitas pelayanan publik dan sarana prasarana yang dimiliki oleh satuan kerja Kejari guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. ” Kunjungan kerja ke daerah saya lakukan untuk melihat langsung kinerja Kejaksaan dan menyapa pegawai dan jaksa. Ini saya lakukan agar memotivasi untuk peningkatan kinerja,” tuturnya.

KUnjungan kerja Jaksa Agung didampingi oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Ketut Sumedana, Asisten Khusus Jaksa Agung Herry Hermanus Horo, dan Asisten Khusus Jaksa Agung Sri Kuncoro. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button