Nasional

Reda Manthovani Ajari Calon Jaksa Ilmu Intelijen

ADHYAKSAdigital.com –Guna menghadirkan seorang jaksa yang cakap dalam wawasan dan keilmuan, profesional, berintegritas, para calon jaksa harus mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan, sehingga menghasilkan jaksa yang siap pakai dalam pelayanan dan penegakan hukum, khususnya di era moderan dan digitalisasi saat ini.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) Angkatan LXXX (80) Gelombang II Tahun 2023. Siswa calon jaksa digembleng dengan beragam materi pendidikan dan keilmuan, baik tentang moralitas, integritas, ketentuan hukum, SOP penegakan hukum, komitmen penegakan hukum, wawasan kebangsaan hingga ilmu intelijen yang harus dimiliki setiap insan Adhyaksa.

Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung, Dr. Reda Manthovani mengatakan untuk bisa menjadi Jaksa yang andal dan bermartabat, setiap Jaksa harus memiliki pengetahuan Intelijen Kejaksaan. Artinya, Intelijen sebagai pengetahuan seharusnya dapat menjadi suatu kebutuhan sehubungan dengan adanya upaya untuk mewujudkan kewaspadaan dan ketahanan nasional.

“Hakekat Intelijen adalah Kecerdasan Berpikir, Kemampuan olah pikir, Kemampuan bersiasat dan Kemampuan meramalkan. Kekuatan spionase adalah salah satu kunci keberhasilan menggali informasi. Hal sekecil apa pun akan sangat berguna jika kita bisa memaksimalkannya”. kata Reda Manthovani saat didaulat memberikan materi ilmi intelijen terhadap siswa PPPJ Angkatan 89 Gelombang II Tahun 2023, di Gedung Badiklat Kejagung, Ragunan, Jakarta, Jumat 1 Desember 2023.
Intelijen Kejaksaan sebagai salah satu bagian dari intelijen Negara sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Pasal 13 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara menyelenggarakan fungsi intelijen penegakan hukum, ketentuan tersebut telah dijabarkan oleh Kejaksaan dengan diterbitkannya Pedoman Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2021 tentang Intelijen Penegakan Hukum.

JAM-Intelijen menjabarkan terkait Intelijen Kejaksaan sebagai penyelenggara intelijen yang memiliki 2 fungsi strategis yaitu fungsi ke dalam dan ke luar. Ke dalam artinya bidang Intelijen memiliki tugas memberikan dukungan/ intelijen bagi pelaksanaan tugas dan fungsi kejaksaan oleh setiap unit kerja yaitu Pembinaan, Pidana Umum, Pidana Khusus, Pidana Militer, Perdata dan Tata Usaha Negara, Pengawasan dan Badan Diklat Kejaksaan RI.

Sedangka ke luar, Bidang Intelijen Kejaksaan merupakan bagian dari intelijen negara yang ikut melaksanakan fungsi deteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan berbagai ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional, khususnya di bidang penegakan hukum.

Adapun legitimasi fungsi dan kewenangan Intelijen Kejaksaan tersebut diperkuat dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan RI,sebagaimana tertuang dalam ketentuan Pasal 30B Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan RI.

Disebutkan bahwa Intelijen penegakan hukum Kejaksaan berwenang, Menyelenggarakan fungsi penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan untuk kepentingan penegakan hukum, kemudian Menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan;

Selanjutnya, melakukan kerja sama intelijen penegakan hukum dengan lembaga intelijen dan atau penyelenggara intelijen negara lainnya, di dalam maupun di luar negeri, melaksanakan pencegahan korupsi, kolusi, nepotisme, dan melaksanakan pengawasan multimedia.

Selanjutnya, JAM-Intelijen berpesan kepada para Siswa PPPJ agar bisa menerapkan ilmu intelijen dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Jaksa, oleh karena itu ada beberapa hal yang diperlukan dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) intelijen,
Dia berharap ke depannya lahir generasi pembaharu Kejaksaan yang akan meneruskan tongkat estafet generasi sebelumnya untuk secara berkesinambungan memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan pelaksanaan penegakan hukum yang bermartabat di tengah masyarakat pencari keadilan dan merawat public trust Kejaksaan. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button