Nasional

Jabatan Kajati DKI Jakarta Kosong, Siapa Pengganti Reda?

ADHYAKSAdigital.com — Jaksa Agung ST Burhanuddin mengangkat dan melantik Dr. Reda Manthovani SH.MH.LLM sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intel) Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023 lalu.

Reda terhitung sepekan menjabat sebagai JAM Intel Kejagung pasca dilantik. Reda sebelumnya adalah Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Kursi jabatan Kajati DKI Jakarta kini kosong sepeninggalan Reda Manthovani.

Siapa Pengganti Reda?

Pertanyaan ini semakin kencang berembus dikalangan insan Adhyaksa dan juga teman-teman media di Kantor Kejagung di Blok M Jakarta.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana mengaku belum mengetahui siapa pengganti Reda Manthovani untuk mengisi jabatan sebagai Kepala Kejaksaan Tingi DKI Jakarta.

Jabatan Kajati DKI Jakarta Kosong, Siapa Pengganti Reda-1

“Untuk sementara waktu sembari menunggu adanya Kajati defenif, Pak Reda masih merangkap menjalankan tugas sebagai Kajati DKI Jakarta,” ujar Kapuspenkum Ketut Sumedana dalam obrolannya dengan ADHYAKSAdigital, pekan lalu.

Mengingat jabatan Kajati DKI Jakarta adalah jabatan eselon II yang harus melalui proses uji kelayakan (fit and proper test) pemantapan jabatan Kajati Type A.

Sebelumnya, Tahun 2022 lalu, uji kelayakan pemantapan jabatan Kajati Type A pernah dilaksanakan untuk beberapa orang dengan jabatan Kajati Type B.

Kajati pemantapan itu terdiri dari 7 provinsi yakni, Kajati Sumatera Utara, Kajati Sumatera Selatan, Kajati DKI Jakarta, Kajati Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kajati Sulawesi Selatan.

Jabatan Kajati DKI Jakarta Kosong, Siapa Pengganti Reda?-1

Mereka yang menjadi peserta uji kelayakan saat itu ada 6 (enam) orang, yakni Katarina Endang Sarwestri, saat itu menjabat sebagai Kajati D.I Yogyakarta. Kini Katarina menjabat sebagai Direktur D pada JAM Intel Kejagung.

Kemudian, Supardi, Kajati Riau di Pekanbaru. Kini Supardi menjabat sebagai Direktur Direktur Ekonomi dan Keuangan pada JAM Intel Kejagung di Jakarta.

Selanjutnya, Agus Salim, Kajati Sulawesi Tengah dan hingga kini masih menjabat Kajati Sulteng di Palu. Sedangkan Leonard Eben Ezer Simanjuntak saat uji kelayakan menjabat Kajati Banten. Leo kini menjabat Kajati Sulawesi Selatan di Makassar.

Imam Wijaya, Direktur Ekonomi dan Keuangan pada JAM Intel dan terakhir Yulianto, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis pada Badiklat. Yulianto peroleh promisi jabatan sebagai Kajati Sumatera Selatan di Palembang.Jabatan Kajati DKI Jakarta Kosong, Siapa Pengganti Reda?-2

Dari ke enam orang peserta uji kelayakan Kajati Type A saat itu, Leo Eben Ezer Simanjuntak menjabat Kajati Type A, yakni Kajati Sulawesi Selatan di Makassar.

Sedangkan Yulianto menjabat Kajati Type A sebagai Kajati Sumatera Selatan di Palembang. Sementara nama Katarina, Supardi, Agus Salim dan Imam Wijaya masih belum menduduki jabatan Kajati Type A.

Selain nama-nama yang disebut diatas, ada nama Patris Yusrian Jaya, Narendra Jatna dan Didik Farkhan Alisyahdi yang masuk dominasi sebagai calon Kajati DKI Jakarta pengganti Reda Manthovani. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button