Nasional

Kejari Bireuen Gandeng Media Rawat Public Trust Kejaksaan

ADHYAKSAdigital.com — Public Trust terhadap Kejaksaan RI tidak terlepas besarnya peran media dalam publikasi kinerja Kejaksaan, khususnya dalam pelayanan dan penegakan hukum lembaga itu kepada masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam, Munawal Hadi SH.MH mengatakan, media di era keterbukaan informasi saat ini telah menjadi mitra startegis bagi Kejaksaan Negeri Bireuen, khususnya dalam publikasi kinerja Kejaksaan dalam pelayanan dan penegakan hukum di Kabupaten Bireuen.

Hal ini disampaikan Kajari Karawang Bireuen dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penguatan kapasitas bagi wartawan di wilayah Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan media online Komparatif.Id bertempat di Aula Kantor Kejari Bireuen, Senin 9 Oktober 2023.

“Kami sangat terbantu dalam publikasi kegiatan-kegiatan yang disajikan media selama ini. Media mampu menyajikan pemberitaan postif atas kinerja Kejari Bireuen selama ini. Implikasinya tentunya Public Trust yang didapatkan Kejaksaan selama ini tidak terlepas dari peran media,” ujar Kajari Munawal Hadi.

Kejari Bireuen Gandeng Media Rawat Public Trust Kejaksaan-

FGD yang dilaksanakan Kajari Bireuen diperuntukkan bagi wartawan dan pengelola media lokal Kabupaten Bireuen untuk meningkatkan pengetahuan para wartawan seputar dunia jurnalistik. Selanjutnya materi yang diberikan dalam kegiatan ini berupa seputar tata cara menghimpun ide tulisan, teknik wawancara, menyusun berita, materi tentang menghindari delik pers dan kode etik jurnalistik.

“Profesi jurnalis dilindungi oleh Undang-undang yakni UU No 4o Tahun 1999 dan terikat dalam Kode Etik Jurnalistik. Jurnalis memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Sehingga melalui berita yang disajikan, masyarakat dapat mengetahui banyak hal, khususnya dalam penegakan hukum di Kejaksaan,” sebut Desi Safnita, salah seorang narasumber pada FGD ini.

Penguatan Kapasitas Wartawan yang diselenggarakan oleh Kajari Bireuen ini merupakan kontribusi Kejari Bireuen kepada wartawan yang ada di Kabupaten Bireuen agar para wartawan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola dan memberitakan informasi dengan baik dan benar serta dapat mempedomani kaidah-kaidah dalam penulisan karya jurnalistik.

Kejari Bireuen Gandeng Media Rawat Public Trust Kejaksaan-1

Acara ini juga dimaksudkan untuk menjalankan Tugas dan fungsi Kejaksaan dalam pengawasan media cetak maupun elektronik. FGD ini dapat menjadi ajang silaturahmi yang baik antara wartawan dan Kejari Bireuen serta dapat memberikan manfaat kepada para wartawan sehingga wartawan di Kabupaten Bireuen semakin baik dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Penegakan hukum dan pers seperti dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai penegak hukum, kerap sekali laporan dan pengaduan justru didapatkan dari masyarakat melalui media atau pemberitaan,” ujar Kajari Bireuen Munawal Hadi.

Jaksa Agung dalam setiap kunjungan selalu menyampaikan bahwa “kinerja tanpa publikasi tiada artinya sebab masyarakat perlu mengetahui apa yang dikerjakan Kejaksaan. Atas hal tersebut, untuk meningkatkan publikasi kinerja di setiap daerah, Jaksa Agung menerbitkan Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif Mengenai Kejaksaan di Media Massa dan Media Sosial sebagai upaya Kejaksaan untuk membangun citra positif di masyarakat. (Felix Sidabutar)

Kejari Bireuen Gandeng Media Rawat Public Trust Kejaksaan-2

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button