Nasional

Ketua dan Kasek Bawaslu OKU Selatan Divonis 2,5 Tahun, Bendahara 3 Tahun

ADHYAKSAdigital.com –Majelis hakim pada Pengadilan Negeri TIndak Pidana Korupsi Palembang menjatuhkan hukuman penjara selama 2 (dua) tahun 6 (enam) bulan kepada terdakwa Hery Afrizon dan terdakwa Bahdozen. Sedangkan kepada terdakwa Chandra Putra Wijaya, dalam amar putusannya, menjatuhkan hukum penjara selama 3 (tiga) tahun.

Persidangan dengan agenda pembacaan putusan majelis hakim ini di gelar di PN Tipikor Palembang, Rabu 4 Oktober 2023. Duduk sebagai ketua majelis hakim, Editerial SH MH. Sedangkan JPU Kejari Ogan Komering Ulu Selatan, M Assarofi SH.

Tiga terdakwa kasus dugaan korupsi Bawaslu OKU Selatan terkait dana hibah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Selatan 2019-2020 yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,3 Miliar, divonis dengan hukuman yang berbeda

Dalam amar putusan, majelis hakim yang diketuai Edi Terial SH MH, menyatakan bahwa perbuatan para terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana dalam dakwaan subsider penuntut umum.
Adapun hal-hal yang memberatkan, majelis hakim menilai bahwa perbuatan para terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat. Sementara hal-hal yang meringankan, para terdakwa bersikap sopan dan menjadi tulang punggung keluarga.

Selain itu, para terdakwa dijatuhi hukuman denda masing-masing Rp 50 juta subsider 4 bulan,”ujar Majelis Hakim.

Lanjut hakim, untuk terdakwa Hery Afrizon dibebankan pidana tambahan untuk mengembalikan uang pengganti (UP) sebesar Rp 390 juta dikurangi Rp 90 juta, apabila tidak bayar diganti hukuman 1 tahun kurungan. Untuk terdakwa Chandra Putra Wijaya, dibebankan pidana tambahan mengembalikan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 140 juta yang apabila tidak bayar diganti hukuman 1 tahun kurungan.

Setelah mendengar putusan yang dibacakan oleh majelis hakim, ketiga terdakwa dan JPU menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut

Untuk diketahui dalam sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari OKU Selatan menuntut ketiga terdakwa dengan pidana pidana masing – masing 3 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 6 bulan kurungan.Selain pidana penjara, terdakwa Chandra Putra Wijaya dan Bahdozen juga dibebankan membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 140 juta. Untuk terdakwa Hery Afrizon ketua Bawaslu OKUS juga dibebankan membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 390 juta

Diketahui dalam dakwaan, terdakwa Chandra Putra Wijaya selaku Bendahara Pengeluaran Pembantu, Hery Afrizon sebagai Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Bahdozen sebagai Kepala Sekretariat dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam Pelaksanaan Dana Hibah Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 2020, didakwa telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi.

Perbuatan terdakwa memperkaya diri sendiri dan orang lain, yang dapat merugikan Keuangan Negara atau Perekonomian Negara Cq. Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebesar Rp3.330.518.411. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button