Nasional

JPN Kejari OKU Torehkan Prestasi

ADHYAKSAdigital.com –Peranan Kejaksaan lewat Jaksa Pengacara Negara dalam membantu dan mengawal seluruh program lembaga negara dan badan usaha negara patut diapresiasi. JPN dibawah kordinasi bidang Perdata dan Tata Usaha Negara diberi peran melakukan pendampingan hukum, pertimbangan hukum dan melakukan tindak hukum lainnya.

JPN Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan atas kuasa khusus dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu mengajukan gugatan dan penagihan kepada pelanggan PDAM Tirta Raja yang tidak beritikad baik memenuhi kewajibannya membayarkan tunggakan rekening air.

Atas surat kuasa khusus, JPN Kejari OKU bergerak dan melakukan pendampingan terhadap PDAM Tirta Raja , perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten OKU tersebut untuk menagih tunggakan rekening air sebesar Rp. 2.504.800.294,- (Dua Miliyar Lima Ratus Empat Juta Delapan Ratus Ribu Dua Ratus Sembilan Puluh Empat Rupiah) terhadap 1.529 (seribu lima ratus dua puluh sembilan) pelanggan.
Atas peran JPN ini, PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU mengapresiasi atas support dan kordinasi antar kedua lembaga, khususnya dalam mendukung dan mengawal program PDAM Tirta Raja, khususnya penagihan tunggakan rekening air kepada sejumlah pelanggan, bagian upaya pemulihan keuangan negara.

“Kami sampaikan terimakasih atas bantuan JPN Kejari OKU dalam membantu PDAM Tirta Raja menagih tunggakan rekening air kepada sejumlah pelanggan. Upaya penagihan itu membuahkan hasil signifikan. Tim JPN Kejari OKU telah berhasil melakukan pemulihan keuangan daerah dengan total sebesar Rp.676.207.925,- (enam ratus tujuh puluh enam juta dua ratus tujuh ribu sembilan ratus dua puluh lima rupiah),” ujar Direktur PDAM Tirta Raja, Abi Kusno pada konferensi pers di Kantor Kejari OKU, Baturaja, Kamis 5 Oktober 2023.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu, Choirun Parapat menyatakan telah menjadi komitmen pihaknya dalam mendukung dan membantu stake holder, PDAM Tirta Raja. Agar perusahaan daerah ini mampu memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat Kabupaten OKU.

Disebutkannya, kegiatan hari itu sebagai implementasi MOU (Penandatangan Kerja Sama) antara PDAM Tirta Raja Kab. OKU dengan Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu tanggal 3 April 2023 yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan Penerbitan Surat Kuasa Khusus (SKK) dari Direktur PDAM Tirta Raja Kab. OKU kepada Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu.

Choirun Parapat mengatakan kerja sama antara Jaksa Pengacara Negera pada Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu dengan PDAM Tirta Raja Kab. OKU tetap dilanjutkan dan sekaligus juga meminta kepada Manajemen PDAM Tirta Raja OKU untuk segera melakukan tata Kelola Perusahaan terutama melakukan peningkatan pelayanan kepada Masyarakat dengan memastikan para pelanggan dapat menikmati fasilitas air secara baik dan optimal.
“Tugas JPN meliputi bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayan hukum, penegakan hukum, dan tindakan hukum lain.Bantuan Hukum adalah tugas JPN dalam perkara perdata maupun tata usaha negara untuk mewakili lembaga negara, instansi pemerintah di pusat/daerah, BUMN/BUMD, berdasarkan Surat Kuasa Khusus, baik sebagai penggugat maupun sebagai tergugat yang dilakukan secara litigasi maupun non litigasi,” ujar Kajari OKU Choirun Parapat.

Terkait, saran dan masukan yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu, Direktur PDAM Tirta Raja menyatakan perusahaan dan jajarannya akan terus berbenah, memperbaiki birokrasi pelayanan, transparan dan akuntabel. “Saya sangat berharap Kerjasama yang sudah berjalan ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan dampak positif umumnya dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ogan Komering Ulu melalui PDAM Tirta Raja Kab. OKU,” harap Direktur PDAM Tirta Raja, Abi Kusno. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button