Nasional

Pemprov Gandeng Kejati Sultra Tagih Pajak Perusahaan Tambang

ADHYAKSAdigital.com –Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto mendatangi gedung kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Kendari, Selasa 12 September 2023. Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, Patris Yusrian Jaya dengan didampingi Wakajati, para Asisten dan kasi menyambut dengan penuh kehangatan kedatangan PJ. Gubernur Sultra ini.

Kedatangan Pj Gubernur Sultra hari itu dalam rangka kunjungan silaturahmi dan memperkuat koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kejati Sulawesi Tenggara dalam mengawal dan merealisasikan program pembangunan di Provinsi Sultra.

Pj Gubernur Andap Budhi Revianto mendukung pelayanan dan penegakan hukum Kejati Sultra. Dia berharap antara Pemprov Sultra dan Kejati Sultra terus membangun koordinasi dan sinergitas, khususnya dalam mewujudkan program pembangunan di Sultra.
PJ. Gubernur Andap hari itu juga secara khusus meminta dukungan Kejati Sultra dan menggandeng Kejati Sultra untuk membantu Pemprov Sultra dalam upaya penagihan pajak kepada sejumlah perusahaan tambang yang ada di Provinsi sultra.

“Kunjungan ini, upaya koordinasi Pemprov Sultra menuntaskan permasalahan, khususnya perusahaan tambang. Untuk menyikapi berbagai permasalahan yang ada di sini. Intinya adalah mengawal pembangunan Sultra menjadi lebih baik lagi. “Salah satunya ada beberapa permasalahan yang kita koordinasikan,” ungkap Andap Budhi Revianto.

“Salah satu hal fokus Pemprov Sultra, dalam kunjungan ini yakni persoalan pajak perusahaan tambang,” ujar Pj. Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Hari itu disepakati kerjasama antara kedua lembaga tersebut. Pemprov Sultra memberikan kuasa khusus kepada Kejati Sultra dalam pemberdayaan Jaksa Pengacara Negara bidang Datun Kejati Sultra untuk penagihan pajak perusahaan tambang. Kuasa itu berupa penagihan terhadap pelaku-pelaku usaha pertambangan yang hingga saat ini belum memenuhi kewajiban membayar pajak.

“Sudah mendapat surat kuasa itu nanti pihak kami melalui bidang perdata dan tata usaha negara selaku pengacara negara akan menempuh langkah-langkah hukum,” kata Kajati Sultra Patris Yusrian Jaya.

Di kesempatan yang sama juga, ia mengimbau kepada seluruh pelaku usaha agar segera menuntaskan kewajiban tersebut. Pasalnya, pajak-pajak itu nantinya akan digunakan untuk mendukung pembangunan Provinsi Sultra. “Kami mengimbau kepada pihak-pihak yang belum memenuhi kewajiban tersebut untuk segera memenuhi kewajibannya,” pinta Kajati SUltra.
(Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button