Nasional

Dr. Noor Rachmad : Komitmen dan Konsistensi Hasilkan Kejaksaan Hebat !

ADHYAKSAdigital.com –Puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke 63 Tahun 2023 ditutup dengan Upacara Kenegaraan yang digelar di Lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Republik Indonesia, di Ragunan, Jakarta, Sabtu 22 Juli 2023.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Kenegaraan Perayaan Hari Ulang Tahun Kejaksaan ke 63 ini.

Presiden Joko Widodo meminta bagaimana Kejaksaan Agung dan jajarannya dari Sabang sampai Merauke mempertahankan dan meningkatkan
kinerja serta menjaga kepercayaan masyarakat.

Presiden RI berpesan bahwa kepercayaan masyarakat harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan kinerja semakin baik, melalui kerja-kerja sistematis dan terlembaga, serta melakukan transformasi terencana dan komprehensif dari pusat ke daerah.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi kerja keras dan kinerja Kejaksaan dalam pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Presiden RI berharap Kejaksaan mampu terus meningkatkan kinerjanya dan memperoleh kepercayaan masyarakat yang tinggi.

Selain itu, Presiden RI berpesan untuk terus meningkatkan efektivitas kerja, digitalisasi, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, mempermudah akses masyarakat pada pelayanan hukum, meningkatkan keterbukaan informasi, serta responsif menangani laporan-laporan masyarakat.

Ketua Umum Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) Dr. Noor Rachmad SH.MH menuturkan, capaian kinerja merupakan indikator utama berhasil tidaknya sebuah lembaga atau institusi pemerintahan menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Ukuran keberhasilan salah satunya ditilik dari tingkat kepuasan dan kepercayaan publik terhadap institusi tersebut.

Lahirnya Kejaksaan pada 22 Juli 1960 sebagai Entitas Departemen/Kementerian , dengan umurnya yang tak muda lagi diyakini dapat kuat menghadapi berbagai tantangan ke depan. “Semakin kuat dan bersinergi dengan semua lembaga dan elemen masyarakat serta institusi penegak hukum lainnya,” pesan Ketua Umum KBPA Dr. Noor Rachmad kepada ADHYAKSAdigital, Minggu 23 Juli 2023

Mantan JAM Pidum Kejagung ini juga berharap semoga penegakan hukum yang tegas dan humanis menjadikan institusi Kejaksaan semakin memberikan keadilan bagi masyarakat dan Korps Adhyaksa terus mengawal pembangunan nasional. Kejaksaan dalam pelayanan dan penegakan hukumnya bermanfaat dan dirasakan masyarakat.

Dia menegaskan Kejaksaan agar tidak larut dan berpuas diri atas raihan yang sudah dicapai. “Kejaksaan harus menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam amanatnya dalam Upacara HBA Ke 63 kemarin, dan terus meningkatkan kinerjanya. Mempertahankan lebih sulit daripada meraihnya,” tegas Noor Rachmad.

KBPA sebut Noor Rachmad selama ini turut mendorong agar pelayanan dan penegakan hukum Kejaksaan RI untuk terus ditingkatkan. Beragam program Kejaksaan menunjukkan perubahan yang positif dalam peningkatan kinerja Kejaksaan.

“Saya menjamin, komitmen dan konsisten dalam pelayanan dan penegakan hukum Kejaksaan yang profesional, berintegritas dan berhati nurani, maka akan menghasilkan Kejaksaan Hebat, Pulict Trust itu tentunya terus melekat,” ujar Dr. Noor Rachmad, yang juga anggota Tim Percepatan Reformasi Hukum Kemenko Polhukam ini. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button