Nasional

Tok ! Erwinuddin Pembunuh 1 Keluarga Divonis Mati

ADHYAKSAdigital.com –Majelis hakim pada Pengadilan Negeri Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap terdakwa Erwinuddin, dalam perkara pidana pembunuhan terhadap keluarganya sendiri, Way Kanan, Selasa 30 Mei 2023.

Hakim Ketua Arista Cahyawan dalam pembacaan putusan majelis hakim atas perkara ini menyatakan Erwinuddin divonis bersalah melakukan pembunuhan secara sadis terhadap anggota keluarganya sendiri yang terdiri dari kedua orang tua dan adiknya.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Erwinuddin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan pembunuhan berencana dan tanpa hak melakukan perbuatan membuat hilangnya nyawa manusia ,” kata hakim ketua Arista saat membacakan amar putusan hakim.

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Erwinuddin pidana mati,” imbuhnya yang saat itu didampingi majelis hakim anggota Echo Wardoyo SH, MH dan Ridwan Pratama SH, MH.
Hakim menuturkan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana diancam pada Pasal 340 KUHP Junto 65 KUHP tentang pidana pembunuhan berencana.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Blambangan Umpu dalam sidang yang terbuka untuk umum menjatuhkan vonis mati kepada terdakwa Erwinudin alias Wiwin Bin Zainudin tanpa ada hal yang meringankan dengan putusan nomor : 18/Pid.B/2023/PN.Bbu tanggal 30 Mei 2023.

Kepala Kejaksaan Negeri Way Kana Dr. Afrilliana Purba SH, MH memberikan apresiasi atas putusan hukuman yang disampaikan majelis hakim yang mengadili perkara terdakwa Erwinuddin ini. Hakim sependapat dengan tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum dalam persidangan agenda tuntutan sebelumnya.

“Dalam putusan Majelis Hakim Menyatakan terdakwa Terdakwa Erwinudin Als Wiwin Bin Zainudin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan beberapa pembunuhan berencana, menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Erwinudin Als Wiwin Bin Zainudin tersebut dengan Pidana Mati,” ujar Afrillyanna Purba.

Sebelumnya, satu keluarga yang berjumlah lima orang di Desa Marga Jaya, Kecamatan Negera Batin, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung jadi korban pembunuhan. Pelaku pembunuhan itu adalah Erwinudin, salah satu anak dari korban.

Adapun identitas korban yang tewas dibunuh Erwin yakni Zainudin (Ayah), Siti Romlah (Ibu), Wawan (Anak), Anak Wawan berusia lima tahun dan Juwanda (Adik). Erwin mencoba menutupi aksi kejinya itu dengan menguburkan para korban di dua lokasi berbeda. Empat korban dikuburkan dalam septic tank dan satu lagi di kebun singkong

Kepada polisi, Erwinuddin mengaku menjalankan aksinya karena persoalan harta warisan. Erwin adalah anak kandung Zainudin. Dia diduga membunuh ayahnya sendiri karena terkait harta warisan. Zainudin sendiri diketahui sudah menikah lagi dengan Siti Komariah, korban lain yang ditemukan dalam septic tank. (Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button