Nasional

Desa Kompane Awali Program Jaksa Bahari Kejari Kepulauan Aru Tahun 2023

ADHYAKSAdigital.com –Angin barat di hari Sabtu, 4 Maret 2023, mengawali perjalanan Jaksa Bahari Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru, Maluku. Jaksa Bahari bergerak dari Pelabuhan Rakyat Kota Dobo menuju Desa Kompane di Kecamatan Aru Utara Timur.

Penyuluhan hukum dan pelayanan hukum sebagai salah satu tugas utama Kejaksaan Republik Indonesia oleh Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru dikemas menjadi Jaksa Bahari. Intelijen dan Perdata Tata Usaha Negara tergabung menjadi “superteam”.

Desa Kompane terletak di bagian Utara sebelah Timur Kabupaten Kepulauan Aru dengan jarak 185 Km yang dapat ditempuh dengan alat transportasi laut. Jaksa Bahari menggunakan speedboat Jargaria milik Pemerintah Daerah Kepalauan Aru. Tim Jaksa Bahari kali ini ditemani oleh Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey dan Ketua DPRD Kepulauan Aru Udin Belsigaway.
Selama tiga jam perjalanan Speedboat yang ditumpangi dihantam ombak setinggi 2-3 meter sampai Pulau Ujir. Memasuki desa Goda-Goda muara sungai menuju Kecamatan Sir-Sir, cuaca sangat teduh. Menyusuri sungai, Tim Jaksa Bahari melewati Desa Waifual, Desa Leiting kemudian masuk ke wilayah bagian Timur laut lepas.

Memasuki wilayah Desa Kompane, Tim Jaksa Bahari disambut kapal-kapal penangkap ikan dari Pulau Jawa yang sedang berlindung di balik pulau-pulau kecil disekitar Desa Kompane. Desa Kompane memiliki perairan dangkal yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya rumput laut.

Tim Jaksa Bahari juga mendapatkan informasi dari Camat Aru Utara Timut Mika Ganobal bahwa Desa Kompane penghasil teripang, tapi saat ini sedang dilakukan “sasi” larangan untuk mengambil teripang hingga tiba waktu dapat dipanen. Teripang di Desa Kompane tidak di budidayakan.

Tim Jaksa Bahari harus dijemput ke tengah laut oleh perahu lebih kecil, karena speedboat yang kami pakai dipastikan kandas disebabkan air laut sedang surut. Jaksa Bahari melakukan tugas penyuluhan dkepada Kepala Desa, perangkat desa, Kepala Sekolah dan guru serta masyarakat.

Empat hal utama isu yang disuluh adalah, tertib administrasi terkait aset desa, tertib membayar pajak atas belanja di pemerintahan desa, segera mendaftarkan perangkat desa sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dan pengelolaan dana desa yang transparan dan akuntabel.

Tim Jaksa Bahari menemukan fakta bahwa bahwa seluruh desa di Kecamatan Aru Utara Timur belum memiliki yaitu buku register aset desa, daftar penerima bantuan dana desa, buku tanda setor pajak, daftar perangkat desa serta sering ditemui kepala desa tidak berada di desa tetapi bermukim di Kota Dobo ibukota Kabupaten Kepulauan Aru hingga berbulan-bulan.

Kecamatan Aru Utara Timur memiliki Sembilan desa, tiga desa berkembang dan enam desa merupakan kategori desa tertinggal. Desa di Kecamatan Aru Utara Timur juga belum menjalankan program padat karya tunai desa tetapi lebih menekankan belanja modal.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru sebagai narasumber mengajak seluruh perangkat desa agar segera bermitra dengan Jaksa Pengacara Negara yang ada dalam Tim Jaksa Bahari. Bantuan hukum dan pertimbangan hukum serta konsultasi hukum diberikan secara cuma-cuma.

Antusias masyarakat dan seluruh perangkat Desa Kompane kepada Tim Jaksa Bahari sangat membuat Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru terkesan dan terharu. Tim Jaksa Bahari disambut dengan upacara desa dengan doa dan makan sirih pinang. Diarak keliling desa menuju Balai desa Kompane.

Desa Kompane, Kepulauan Aru, Provinsi Maluku ini merupakan tempat lahir dan sekolah sampai kelas 2 SD, tokoh nasional Albertina Ho yang sekarang menjadi anggota Dewan Pengawas KPK. Kegiatan Jaksa Bahari ditutup dengan pemberian cenderamata Jaksa Bahari dari Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru kepada Camat Aru Utara Timur.

Kajari Parada Situmorang juga memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada tiga puluh warga Desa Kompane yang dipilih oleh perangkat desa Kompane. Bantuan sosial ini merupakan inisiatif Persekutuan Doa Ora Et Labora (PDOEL) pada Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru yang dipimpin oleh Karel Taliak yang juga Kepala Urusan Kepegawaian. (Felix Sidabutar).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button