Nasional

Aparatur Pemerintahan Desa di Gampong Jambo Dalem Tak Boleh Korupsi!

ADHYAKSAdigital.com –Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Aceh Selatan di Bakongan, Nanggroe Aceh Darussalam, Muhammad Rizky SH meminta seluruh kepala desa (Keuchik) di wilayah hukum Bakongan untuk bebas dari korupsi, khususnya di Gampong Jambo Dalam dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa.

Hal itu disampaikan Kacabjari Aceh Selatan di Bakongan Muhammad Rizky dalam penyuluhan dan penerangan hukum Cabang Kejari Aceh Selatan di Bakongan yang digelar di Gampong Jambo Dalem Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan, Jumat 27 Januari 2023.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat agar memahami secara baik dan benar tentang peraturan, ketentuan perundang-undangan dan norma hukum lainnya. Sehingga dengan demikian, masyarakat dapat mempertangung jawabkan setiap perilaku kesehariannya bila bersentuhan dengan tindak pidana,” tegas Kacabjari Muhammad Rizky.

Khusus bagi aparatur pemerintahan desa, Kacabjari Muhammad Rizky meminta setiap aparatur yang mengelola dana desa agar sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.” Terlebih dalam pengelolaan BUMDes, agar transparan,” tegas Rizky.

Kacabjari Aceh Selatan di Bakongan menegaskan bahwa ada konsekwensi hukum bila aparatur pemerintah desa melakukan tindak pidana. Oleh sebab itu, peran Kejaksaan dalam penyuluhan hukum tiada henti terus dilakukan agar masyarakat dan pemerintah terus bersinergi, sehingga pembangunan diseluruh sektor dapat terwujud, masyarakat dan pemerintah bekerjasama mewujudkan kesejateraan, persatuan dan kesatuan.

Dijelaskan, sosialisasi sadar hukum merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kejaksaan Agung dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersinergi salah satunya mengawal pemanfaatan dana desa agar tepat sasaran.

Kedua lembaga negara tersebut mengkonsolidasikan Pos Jaga Desa (Jaksa Garda Desa).

“JAGA DESA merupakan upaya Kejaksaan mengawal dan mendampingi perangkat desa untuk memahami seluruh ketentuan perundang-undangan dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa. Saya berharap kepada aparatur pemerintahan desa sebagai peserta yang mengikuti kegiatan ini semoga ilmu yang diperoleh menjadi bekal bagi keuchik dan aparatur gampong dalam mengelola dana desa dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Sehingga dana desa yang dikucurkan dapat bermanfaat untuk membangkitkan perekonomian gampong serta mendukung kemandirian masyarakat gampong,” harap Kacabjari Bakongan Muhammad Rizky.

Keucik Gampong Jambo Dalem Muhammad Dini mengapresiasi penyuluhan hukum yang diberikan Cabang Kejari Aceh Selatan di Bakongan kepada warga desanya, khususnya aparatur desa. Muhammad Dini pun mengajak warga yang hadir saat itu untuk melakukan tanya jawab terkait peraturan maupun ketentuan perundang-undangan, sehingga warganya benar-benar mendapatkan informasi dan wawasan tentang hukum.(Felix Sidabutar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button