Nasional

Jaksa Agung Minta Pengawasan Melekat BB Perkara Pidana

ADHYAKSAdigital.com –Jaksa Agung ST Burhanuddin meminta unit kerja jajarannya yang mengelola dan menyimpan barang bukti perkara pidana untuk selalu melakukan pengawasan melekat dan ketat terhadap sejumlah barang bukti yang tersimpan di gudang barang bukti Kejaksaan.

Hal itu disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin ketika meninjau tempat penyimpanan barang bukti Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, Senin 28 November 2022. Burhanuddin meminta unit seksi barang bukti untuk tertib administrasi dalam pendataan dan semua barang bukti harus terlabelisasi.

“Saya mengingatkan agar barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, segera dieksekusi sehingga tidak mengalami kerusakan,” ujarnya.

Jaksa Agung menilai bahwa secara keseluruhan, tempat penyimpanan barang bukti cukup representatif, tertutup dan terpisah dari kantor, seluruh barang bukti terlabelisasi dengan baik, dan administrasi juga tersusun rapi.

Jaksa Agung juga menyarankan agar setiap penerimaan barang bukti dicatat secara detail dan dicek berkala. Apabila terdapat barang-barang berbahaya, mudah terbakar dan meledak, dapat dimusnahkan terlebih dahulu sebelum diajukan ke pengadilan.

Pada kesempatan tersebut, Jaksa Agung juga kembali menegaskan agar penanganan perkara tindak pidana khusus tetap menjadi prioritas guna penyerapan anggaran. “Eksistensi institusi itu bisa dilihat ketika kalian dapat mengangkat perkara yang berdampak pada masyarakat luas seperti kelangkaan minyak goreng, pupuk dan kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Jaksa Agung.

Dalam kunjungan di Kejaksaan Negeri Lombok Tengah pada Senin 28 November 2022, Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat, Kepala Biro Kepegawaian, Kepala Biro Umum, Kepala Pusat Penerangan Umum, Asisten Khusus Jaksa Agung, dan Asisten Umum Jaksa Agung. (Felix Sidabutar/Relis)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button