Politik

Presiden Joko Widodo Reshuffle Kabinet di Rabu Pahing

ADHYAKSAdigital.com –Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri dalam perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6). Hari ini menjadi kali ketiga Jokowi melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pahing dalam penanggalan Jawa.

Dua menteri yang dilantik Jokowi pada Rabu ini yaitu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto resmi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil. Sementara itu, Zulkifli Hasan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Kemudian, mereka yang dilantik sebagai wakil menteri adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri ATR/BPN.

Lalu, ada John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Pada periode pertama, Jokowi melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pon, yaitu 12 Agustus 2015 (Kabinet Kerja I) dan 27 Juli 2016 (Kabinet Kerja II).

Perombakan kabinet selanjutnya pada Rabu Pahing, yaitu pada 17 Januari 2018 (Kabinet Kerja III) dan 15 Agustus 2018 (Kabinet Kerja IV).

Selain itu, Jokowi juga pernah melakukan perombakan kabinet masing-masing satu kali pada Selasa Pahing, yaitu 22 Desember 2020 (Kabinet Indonesia Maju I) dan Rabu Wage, pada 28 April 2021 (Kabinet Indonesia Maju II). (MaxTamba/Cnnindonesia)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button