Tokoh

Lagi, Kejaksaan Peroleh Kepercayaan Publik

Oleh : Philip J. Vermonte, Senior Fellow CSIS

ADHYAKSAdigital.com –Apresiasi berbagai kelompok masyarakat dan lembaga survey terhadap kinerja Kejaksaan RI terus mengalir. Hal ini membuktikan Kejaksaan dibawah komando ST Burhanuddin memperoleh kepercayan publik dan menaruh harapan agar Kejaksaan lebih baik ke depannya.

Tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan mengalami peningkatan berdasarkan survei yang digelar Indikator Politik Indonesia. Tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan sebagai institusi penegakan hukum, kini berada di presentasi yang membanggakan.

Bahwa beberapa indikator yang menyebabkan tren kinerja Kejaksaan RI semakin baik menurut hasil survey Indikator antara lain, Tampak indikasi sangat jelas, persepsi umum masyarakat kita terhadap penegakan hukum mulai membaik atau makin positif.

Namun demikian, kenaikan yang signifikan dimana kepercayaan publik yang naik ke peringkat 4 perlu diapresiasi dan ini harus terus disosialisasikan.

Di masa kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan memang banyak terobosan langkah-langkah Kejaksaan belakangan ini termasuk penerapan restorative justice menjadi isu humanity, dan ini juga menjadikan trust public semakin meningkat.

Kepercayaan publik ini bisa saja melorot atau naik seiring dengan penanganan perkara yang ditangani di masa yang mendatang. Hal yang paling penting dalam penegakan hukum adalah pengawasan dari masyarakat (publik).

Lebih jauh juga disebut karena isunya komplek maka penting dimasukkan isu pembangunan atau politik penegakan hukum yang menjadi isu serius, dan kinerja Kepolisian dan Kejaksaan sangat mempengaruhi kepercayaan Presiden RI, oleh karena keduanya dibawah Presiden RI.

Terakhir, saya cukup gembira bahwa trust terhadap penegakan hukum akhir-akhir ini sangat baik dengan berbagai isu nasional dan internasional, sehingga untuk menjaga trust/kepercayaan publik tetap terjaga, maka penegakan hukum yang memihak ke masyarakat sangat penting.****

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button