Gaya Hidup

8 Makanan dan Minuman untuk Kembalikan Elektrolit Tubuh Usai Puasa

ADHYAKSAdigital.com –Berpuasa menahan haus dan lapar juga bisa menyebabkan kebutuhan elektrolit harian Anda tidak terpenuhi.

Padahal Elektrolit adalah mineral yang penting bagi tubuh untuk membantu mengatur tingkat pH dan otot hingga membuat Anda tetap terhidrasi.

Dilansir dari WebMd, mendapat cukup elektrolit sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mempertahankan tingkat elektrolit yang sehat biasanya dikaitkan dengan makan makanan yang seimbang.

Selama puasa di waktu berbuka Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman untuk mengembalikan kebutuhan elektrolit harian. Berikut beberapa makanan tersebut.

1. Bayam

Bayam menjadi sumber elektrolit kalsium dan magnesium yang fenomenal. Sayuran ini juga menjadi sumber nutrisi mikro lainnya, seperti vitamin A dan vitamin K.Anda bisa mengkonsumsi bayam saat sahur atau berbuka. Sayuran ini bisa dimasak bening yang menyegarkan.

2. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber fosfor yang baik, artinya Anda mendapatkan banyak elektrolit setiap kali memakannya. Biji bunga matahari bisa dijadikan cemilan enak di malam hari setelah berbuka.

3. Tempe

Tempe menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tempe juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan praktis. Anda bisa menjadikannya lauk saat berbuka atau sahur.Dilansir dari Byrdie, kedelai fermentasi yang terdapat pada tempe bisa memenuhi kalsium, magnesium, dan fosfor.

4.Pisang

Pisang kaya akan elektrolit seperti potasium dan portabel. Pisang juga mudah dicerna dan enak. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan pisang sebelum atau selama olahraga berat dapat membantu Anda tetap bertenaga.

5. Semangka

Semangka adalah camilan lain yang menghidrasi dan kaya kalium. Anda bisa menikmati buah semangka potong saat berbuka dan sahur.

6. Jeruk

Mengunyah irisan jeruk atau menyesap jus jeruk segar saat berbuka bisa menambah kebutuhan air, kalsium, magnesium, dan potasium.

7. Alpukat

Alpukat adalah buah yang lezat dan menyehatkan jantung. Bisa dimakan polos, di atas roti, atau di mangkuk untuk dibuat es segar. Alpukat mengandung potasium dan magnesium, dua mineral yang dibutuhkan tubuh.

8. Air kelapa

Untuk meningkatkan energi dan elektrolit dengan cepat cobalah air kelapa. Dilansir dari Pure Protein, air kelapa mengandung sekitar 600 mg potasium dan 252 mg sodium per cangkir tetapi dapat sangat bervariasi tergantung pada produsennya.
Air kelapa juga mengandung gula alami yang bekerja dengan baik untuk mengisi kembali simpanan energi yang hilang dan menambah elektrolit dalam tubuh.(MaxTamba/cnn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button