Hukum

Pidsus Kejagung Dalami Dugaan Korupsi Pembiayaan Ekspor Nasional

ADHYAKSAdigital.com — Kejaksaan Agung melalui tim Pidana Khusus tengah mengusut dugaan korupsi dalam penyelenggaraan pembiayaan ekspor nasional oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Tahun 2013-2019.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Leo Ebenezer Simanjuntak dalam keterangan persnya kepada sejumlah media menginformasikan JAM Pidsus, Jumat (28/1/2022) melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pihak dalam perkara tersebut.

“Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap 4 (empat) orang saksi yang terkait dengan Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Tahun 2013-2019,” terang Leo.

Dijelaskannya bahwa adapun para pihak yang diperiksa hari itu antara lain, Saksi-saksi CFS selaku HRD PT. Elite Paper Indonesia, diperiksa terkait penerimaan fasilitas kredit pada debitur;kemudian K selaku Pemilik CV. Lancar Jaya, diperiksa terkait penerimaan fasilitas kredit pada debitur;

Selanjutnya, S selaku Pensiunan/Eks Kepala Divisi Operasional LPEI, diperiksa terkait proses pencarian fasilitas pembiayaan di LPEI dan terahir IR selaku Karyawan BUMN, diperiksa terkait melakukan audit internal di LPEI;

Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

“Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M, “ tutup Leo dalam keterangan persnya. (rel/DA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button